|  

Outbound Adventures

Brave to Be Changed, Change To Be Brave

Dinas Sosial DIY Menjajal Outbound Kalioya

Administrator | Minggu, 26 April 2015 - 10:29:24 WIB | dibaca: 703 pembaca

Peserta Outbound Dinas Sosial DIY berfoto Horeeee di Pool Stop Outbound Kalioya Yogyakarta

Seluruh pegawai di jajaran Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pro Vita Building dan manajemen Outbound Kalioya menggelar program pelatihan outbound bertajuk fun team building – Optimis Bisa. Kegiatan diselenggarakan Kamis (23/4) bertempat di wahana Outbound Kalioya yang berdekatan dengan kawasan wisata Goa Pindul Gunungkidul. Sejumlah 100 PNS di lingkungan Dinas Sosial DIY dilibatkan dalam acara pelatihan yang sangat bermanfaat ini. Dalam sambutan Kepala Dinas Sosial DIY yang diwakili Kasubagum Nuryuwono, S.H, outbound ini adalah sarana me-recharge seluruh pegawai di lingkungan Dinas Sosial DIY untuk meningkatkan potensi karakter positif individu dan kemampuan bekerjasama dalam suatu tim kerja sehingga mampu meningkatkan kinerja organisasi secara lebih baik.
Pembagian group peserta Outbound Dinas Sosial DIY di Outbound Kalioya
 
Pembagian group Tim A Dinas Sosial DIY di Outbound Kalioya
 
Peserta Outbound Dinas Sosial DIY melakukan doa bersama 
 
Lokasi outbound kali ini memilih wahana di Outbound Kalioya (www.outboundkalioya.com) karena memiliki sarana dan prasarana latihan yang terlengkap di DIY. Outbound Kalioya mengedepankan konsep pelatihan karakter individu dan team building menggunakan 3 (tiga) elemen penting yakni tanah, air, dan udara. “Kami pilih lokasi ini karena sangat ideal untuk tema Brave to be Changed, Change to be Brave, Optimis Bisa”, kata Soelistyo selaku instruktur utama Pro Vita Building.
 
Seluruh peserta Outbound dari Dinas Sosial DIY melakukan salam horeee di Pool Stop Outbound Kalioya 
 
Outbound ini sangat spesial, karena seluruh peserta harus melewati tahapan (stage) berbagai level secara bergembira. Menurut Program Designer Outbound Kalioya, Ardian Infantono, S.Kom., M.Eng., tema yang dibawa oleh Dinas Sosial DIY telah dimanifestasikan dalam 3 challenges group yang harus dilewati peserta outbound. Ketiga tantangan tersebut adalah Introduction of Low and High Ropes Course, Adventure di Taman Kakao dan Pool Stop, dan Adventure Goa Luweng. 
 
Introduction of Low and High Ropes Course adalah wahana elemen udara yang berisikan empat rintangan tali temali level 2 dan 3 yang masing-masing lintasan stage-nya sepanjang 11 meter. Wahana ini terletak di tepi hamparan persawahan, tepat di depan terminal armada yang menjemput tamu-tamu Rafting Sungai Oya di kawasan wisata Goa Pindul. Terdapat dua variasi ketinggian yakni dua stage (Net Bridge dan Burma Bridge) setinggi 1,5 meter di atas tanah, dan dua stage lainnya (Multi Level Flying Bridge dan Multi Traverse Lines) setinggi 3,5 meter. Seluruh peserta dilengkapi dengan Full Body Harness, Safety Lanyard (tali pengaman tubuh), dan Helm outbound. 
 
Peserta outbound ber-adventure di stages Multi Traverse Line dan Burma Bridge Outbound Kalioya
 
Peserta outbound di stage Multi Level Flying Bridge dan Net Bridge Outbound Kalioya 
 
Peserta melintasi Multi Level Flying Bridge dan Net Bridge
 
 
 
Adventure di Taman Kakao mengusung tema petualangan level 1 dan 2 dimana semua peserta harus mampu melewati beberapa stage yakni Welcome Bridge, Circular Block Steps, Zigzag Block Steps, Cargo Net, Burma Bridge, Multi Level Net Bridge, Shaking Bridge dan Rings Bridge. Untuk meningkatkan trust, peserta wajib melewati wahana peluncuran Flying Fox tingkat Basic sepanjang 40 meter untuk menuju challenges group selanjutnya, yakni Adventure Goa Luweng. Flying fox tingkat Advanced sepanjang 110 meter juga disiapkan bagi peserta yang ingin meningkatkan kemampuan individunya.
 
Peserta melakukan Flying Fox dari Tower Taman Kakao menuju Tower Pool Stop Outbound Kalioya 
 
Goa Luweng Sarirejo adalah goa alam berbatu karst purba berukuran mini yang didalamnya terdapat sungai bawah tanah. Goa Luweng merupakan bagian dari gugusan goa purba berair di Gunungkidul yang serupa dengan Goa Pindul. Petualangan outbound ini dimulai dengan proses turun menuju pintu goa di bawah permukaan tanah sedalam 5 meter melalui Cargo Net, dilanjutkan secara berkelompok (tiap 5 orang) melintas di dalam goa sepanjang 15 meter searah dengan aliran sungai bawah tanah dengan kedalaman air 30-60 cm (tergantung musim). Di dalam goa mini ini terdapat stalagmit dan stalagtit yang eksotis. Peserta keluar dari goa untuk menuju Pool Stop. Pool Stop adalah kolam khusus yang berfungsi untuk menetralisir semua energi yang berhubungan dengan perubahan karakter individu yang didapat dari berbagai tahapan outbound sebelumnya. Terdapat beberapa tantangan dalam 3 level yang disiapkan di Pool Stop, yakni Cross Elvis Bridge (level 1), Pattern Ships (level 2), dan Water Bridge (level 3). Wahana di elemen air ini berhasil dimainkan oleh peserta dengan penuh kegembiraan, apalagi bila ada diantara peserta yang kurang berkonsentrasi dan menjaga emosi ketika melintasi tantangan, sehingga harus tercebur ke air.
 
Tim outbound Dinas Sosial DIY melakukan Adventure Luweng menggunakan Cargo net
 
Peserta Outbound turun menuju Goa Luweng menggunakan Cargo Net
 
Proses turun menuju pintu Goa melalui Cargo Net di Outbound Kalioya
 
Proses turun ke Goa Luweng Outbound Kalioya menggunakan Cargo Net
 
Peserta outbound di dalam Goa Luweng nan eksotik
 
Peserta melintasi Sungai Bawah Tanah di Goa Luweng Outbound Kalioya
 
Peserta outbound keluar dari Goa Luweng menuju Pool Stop Outbound Kalioya
 
Peserta menyeberang Pool Stop menggunakan Elvis Bridge di Outbound Kalioya
 
Peserta outbound melintasi Cross Elvis Bridge dan Water Bridge di wahana Outbound Kalioya
 
Peserta melintasi Cross Elvis Bridge di Pool Stop Outbound Kalioya
 
Suasana di Pool Stop Outbound Kalioya, peserta melakukan Pattern Ships dan Cross Elvis Bridge 
 
Tak lupa, di akhir acara seluruh peserta dijamu dengan salah satu menu makan siang khas Gunungkidul Ikan Bakar dan Sayur Jangan Lombok serta Gudeg Daun Pepaya yang dinikmati di Gazebo pinggir sawah. Hampir semua peserta menyatakan bahwa kegiatan outbound di wahana Outbound Kalioya ini sangat berbeda dari empat kegiatan serupa yang pernah dilakukan sebelumnya. Lokasinya yang sangat sejuk di alam pedesaan dan mengedepankan unsur alam sebagai wahana utamanya adalah ciri khasnya. Outbound Kalioya secara fundamental merupakan wahana edukasi dan pelatihan karakter, namun telah mampu melengkapi kebutuhan wisatawan di kawasan wisata Goa Pindul yang terkenal itu.
 
“Kalau ingin outbound dengan penuh kesungguhan dan penuh kegembiraan, disinilah tempatnya, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, suasananya sejuk di hamparan persawahan Sari Bumi dan komplek Kebun Kakao (tanaman buah coklat), kaya dengan sumber mata air dan sungai bawah tanah, berjumpa dan bercengkerama dengan warga Pedukuhan Gelaran 1 di desa Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul ini, serta harganya terjangkau. Seluruh instruktur (trainer) dan fasilitator kami adalah putra-putri asli daerah Gunungkidul yang telah dibekali dua skill sekaligus yakni outbound dan adventure. Kami mendesain wahana Outbound Kalioya dengan memberdayakan potensi dan properti masyarakat yang seluruhnya digarap bergotong royong secara swadaya mengedepankan semangat kekeluargaan yang benar-benar khas Wong Ndeso dengan berbagai kearifan lokalnya. Setting wahana di Outbound Kalioya untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Info selengkapnya silakan berkunjung ke www.outboundkalioya.com atau SMS ke Nomor Hotline 081226204692. Untuk korespondensi silakan email ke info@outboundkalioya.com. “, tambah Ardian mengakhiri kunjungan tim di Outbound Kalioya. (PindulTour.Com) 



Silakan Baca Warta Lainnya di PindulTour.Com









Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)


Sarana PindulTour : Ruang Reservasi Sarana PindulTour : Ruang Ganti Pakaian Sarana PindulTour : Locker Penitipan Barang Sarana PindulTour : Kamar Mandi/Toilet

Fasilitas PindulTour : Armada Mobil Pick Up Fasilitas PindulTour : Ban Pelampung/Tubing Fasilitas PindulTour : Jaket Pelampung Fasilitas PindulTour : Sepatu Air Layanan Extra PindulTour : Teh dan Jahe Hangat